Jumat, 24 Agustus 2018

Psychology Corner: Teori Psikologi Perkembangan #Preformasionisme

Teori Awal Psikologi Perkembangan Part #1
Kita yang belajar Psikologi perkembangan dewasa ini pasti awam dengan teori psikoanalisis, behaviouris, humanis, belajar kognitif dll. Padahal di awal awal perkembangan psikologi ada tiga teori yang sangat mendasar dan penting kita pahami agar lebih menyeluruh dalam mempelajari Psikologi Perkembangan secara komprehensif.

Preformasionisme

Menurut teori ini anak anak adalah:
1.       Makhluk yang sudah terbentuk utuh sejak dalam sperma.
2.       Miniatur orang dewasa.

Hal itu terlihat dari berbagai lukisan pada abad pertengahan yang menggambarkan bahwa anak anak dan dewasa berbeda hanya dalam ukuran saja. Bentuk dan proporsi semua sama antara keduanya. Pada saat itu anak usia 6/7 tahun sudah boleh berkumpul, bergaul dan bekerja bersama orang dewasa. Orang dwasa menganggap ank anak sama seperti dirinya dalam hal berpikir, kemampuan tubuh dll.

Teori awal embriologi >> ilmuwan percaya bahwa sosok manusia kecil yang disebut homunculus sudah terbentuk sempurna dan dicangkokan dalam sel telur/sperma saat disatukan. Di pertengahan akhir abad ke 8 preformasionisme mulai ditinggalkan.

Pandangan preformasionisme digantikan dengan pandangan sbb:
Anak anak suci dan harus dididik dengan benar agar jadi benar. Bahkan boleh menggunakan kekerasan fisik dan semua pendidikan bisa dimulai sejak dini.
Nah masih ada dua teori lagi yaitu environmentalisme Locke dan Naturalisme Rossesau, kita bahas dalam tulisan berikutnya ya..

Maaf saya bikin tulisannya pendek-pendek karena menyesuaikan waktu kerja yang lagi selooo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Refleksi Pelatihan Guru Merdeka Belajar

Refleksi Pelatihan Guru Merdeka Belajar                                                                         picture: wmnf.org ...