Rabu, 07 Maret 2018

Tips: Kenapa Kita Jenuh Bekerja? Salah Karyawan atau Perusahaan?

Curhat Jenuh, 7 Maret 2018

Seperti yang sudah saya ceritakan di tulisan pertama saya,,,
Saya bekerja di sebuah perusahaan XXX,, 
Nah saya ngga akan cerita soal perusahaan,,,
Apalagi promosi..
Saya mau cerita soal Jenuh

Jenuh itu menurut KBBI berarti jemu, kenyang atau puas sehingga menjadi bosan...
Nah, kalau dalam lingkungan kerja kita jenuh itu yang begini
1. Teman kita kelihatan mengantuk, menatap laptop, matanya mulai merem merem dan memegang kepalanya, menatap kita lalu bilang "Aku jenuh banget, bosen kerja gini-gini mulu"
2. Teman kita tiba-tiba datang ke kita dan curhat,, "Tau nggak sih aku mulai bosen, pagi bangun tidur, mandi, kerja, ngebut-ngebut biar gak telat, kerja, sore pulang, malam tidur lagi, besok pagi bangun lagi,"
3. Skenario ketiga, teman kita merasa "tau nggak.. kerja di sini gue jadi bodoh, kayaknya otak gue enggak kepake, gitu mulu, gitu mulu, masalah-masalah itu itu aja, solusi itu itu juga, pokoknya kayaknya IQ gue udah IQ jongkok deh, bosen banget gue, pengen resign aja,,," nah udah mulai tu.. pengen resign... 
Dan.. banyak lainnya lagi... 
Hmm.. Kejenuhan ini dialami oleh orang yang biasanya sudah agak lama kerja, gak lama lama banget sih ya,, biasanya 1 tahun, 2 tahun, mereka merasa jenuh dan akhirnya RESIGN.. oh noooo,, betapa pusingnya para HR,, terutama bagian recruiter jika karyawan pada pergi meninggalkan company mereka... 
sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan jenuh,, banyak artikel juga yang sudah membahas.. tetapi menurut pengalaman pribadi saya atau pun melihat dari teman-teman saya, rasa jenuh ini bisa dilihat sebabnya dari dua sisi

A. Sisi Internal Si Karyawan
1.Tidak punya rencana dan target karir
Untuk karyawan seperti ini, orangnya cinta air,,, wkwk, maksudnya mereka mah Ngalir ajaaaa... ngikut ajaaa.... kerja ya kerja ajaa... di awal kelihatannya engga masalah, dan tidak terlalu sulit mengelolanya. Tapi begitu teman temannya lain naik jabatan dan dia masih di level situ situ saja... Dia mulai merasa jenuh, dan merasa tantangan tidak menarik lagi. Padahal dia sendiri yang tidak punya rencana dan target apa apa saja yang ingin dicapai...
2. Tidak punya pengelolaan waktu yang baik
Banyak karyawan yang membawa kerjaan ke rumah. Jadi di malam hari dia masih sibuk berkutat pada kerjaannya. Sampai begadang... ketiduran.. dan esok terbangun dengan laptop menyala dan kertas kerja yang berserakan... bangun kesiangan dan terbirit-birit berangkat ke kantor,, ketemunya kerjaan lagi...
Sumpah! ini ritme yang gak bagus.. coba efektifkan dan efisienkan kerja kita,,, pas di kantor jangan malah ngegosip atau main gadget,, yang membuat kerja terbengkalai. Nah kalau kayak gitu.. kita ngerasa kita banyak kerjaan, kita ngerasa pekerjaan kita kebanyakan, padahal kita aja yang nggak bisa ngatur waktu.. hihihi... jangan ngamuk ya bagi yang ngerasa
3. Tidak bisa mengelola stress
Nah ada tipe orang yang sedikit-sedikit stress. Kerjaan salah dikit stress,,, dikritik dikit stress,,, merasa diri kita gak berharga, gak berprestasi, dan semua yang jelek-jelek. Jadi kalau yang tipe ini di rumah udah gak pegang berkas kerja atau buka data kerjaan di laptop, tapi seluruh pikirannya sebenarnya masih ketinggalan di kantor. Moodnya masih jelek gegara kerjaan,, padahal lagi dinner ama ayank baby, tapi masih cemberut mikirin kerjaan yang belum kelar, mikirin si Boss yang tadi ngomentarin kerjaannya... pokoknya seluruh hidup dari bangun tidur ampai tidur lagi setress gegara kerjaa,,, gak ada celah buat bersenang-senang.. mikirin yang lain... bahkan dia berharap sehari bisa ada 28 jam atau 30 jam agar kerjaannya bisa beresss...
nahhhh.... hahahahahaha... ini lucu banget.. walaupun sebenarnya itu curhatan saya sendiri, tetapi aku yakin beuuuttt banyak yang begitu..
di kos,,, ghibah kerjaan.. ghibah boss... kok ya kayak ngga ada kerjaan lain wkwkwkwkw..... kok ya kayak ngga ada hal lain yang bisa dipikirkan.. kerja kerja.. istirahat-istirahat...


nah itu dari sisi Karyawan...
hal hal itu membuat karyawan ngerasa capek bangeeeeettttt,,,, pusing bangeettt,, lemes bangetttt, demotivasi bangettt, sampai muncul ide ide berikut
"Ah si dia cepet naik karir, soalnya dia sok sokan, sok ambisius, sksd ama boss,, aku yang biasa-biasa gini mah gak bakal dilirik.. emang ya kerja di sini tu harus pinter-pinter cari muka.." nah ini mulai cari-cari.. please pemikiran dan watak kayak gini harus jauh jauh dari kita kita guysss... cuma nambahin dosa dan membuat kita nggak berkembang karena selalu mencari kambing hitam tanpa melihat diri kita sendiri kurang dan lebihnya apa...



duhh,,,, masih banyak yang mau aku tulis..
tapi besok lagi yaa...
sudah malam ikan bobok dulu.. hihihi




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Refleksi Pelatihan Guru Merdeka Belajar

Refleksi Pelatihan Guru Merdeka Belajar                                                                         picture: wmnf.org ...