Minggu, 25 November 2018

Tips : Tipe Audience Saat Public Speaking dan Cara Menghadapinya #1

Good Afternoon all my friends..

Tadi pagi aku udah posting sih, tapi berhubung aku sekarang punya banyak banget waktu luang, jadi gapapa ya kalau aku sering sering nulis dan sering update status..
yahh siapa tau ada yang butuh content yang bakal aku tulis..

nah content kali ini cukup aplikatif nih, about public speaking.
Siapa yang pernah melakukan public speaking? atau yang sering banget?
atau,, ada yang demam panggung sehingga menghindari tawaran atau kesempatan untuk berbicara di depan umum?
Percayalah guys, kalau kamu takut akan sesuatu, sesungguhnya rasa takutmu itu adalah sebuah firasat, atau insting bahwa hal yang kita takuti itu lah yang kita butuhkan untuk melengkapi perkembangan kepribadian kita.

Emang sih public speaking ni bukan perkara yang mudah, tidak semua orang berani berbicara di depan banyak orang. banyak kekhawatiran muncul, seperti
-- takut audience bicara sendiri
-- takut diserang audience yang maybe jauh lebih pintar dari kita
-- takut kalau dikritik
-- takut salah omong atau gagap dadakan
-- takut dicuekin.. dan berbagai ketakutan lain yang kita jadikan alasan untuk mengindari hal hal baik yang bisa melatih skill kita..
Audience memang faktor penting, objek utama, dan sasaran dari kegiatan public speaking kita, jadi ya kita gak perlu takut kita HADAPI dan KUASAI..
nah ini aku bagikan beberapa tips menghadapi berbagai macam audience dalam public speaking (menurut ASTI MUSMAN, dalam bukunya SUKSES BERBICARA dengan SIAPA SAJA, DI MANA SAJA, dan KAPAN SAJA, bisa dibeli di Gramed Cuy!)

1. Si TIDAK PERHATIAN
secara fisik orang ini hadir nih di depan kita. dia ada di hadapan kita tapi dia tidak memperhatikan kita. kelihatan tuh dari mukanya yang bengong dan tatapannya yang kosong ihuyy.. bisa ngelamun, mikirin hal lain..
---> cara menghadapinya= setiap berapa menit kita perlu cek nih apakah dia nyimak kita apa gak. dengan cara kita tanya "apakah anda sudah cukup paham?" walaupun mereka bohong dan bilang paham, seengaknya kita udah ada effort nih untuk membangkitkan konsentrasi mereka pada materi kita. Dan jangan lupa kita jelaskan secara singkat materi kita kepada mereka yang gak bisa perhatian ini.

2. Si SIBUK SENDIRI
Pada zaman super gadget ini, banyak banget orang yang walaupun sedang mendengarkan suatu pemaparan materi dia sambil sempat juga main hp, ada sih yang bisa main hp sambil nyimak, tapi banyak juga yang enggak. Mereka termasuk dalam kategori si sibuk sendiri. Selain para gadgeters ini mereka yang termasuk dalam sibuk sendiri adalah yg juga sambil ngobrol, melihat sekeliling secara terus menerus dll.
--> cara menghadapinya= kita harus langsung menarik perhatian mereka. bisa dengan menegur mereka dengan cara yang halus dan bijak misal, "oh permisi mbak baju kuning yang cantik, apakah tadi sudah paham mengenai materi saya?", tentu dengan senyum. buatlah orang lain yang kita tegur tidak merasa terhukum tapi justru merasa kita perhatikan biar dia punya respect ke kita. Respect ke orang penting guys!! kalau kamu mau orang lain respect ke kamu!

3. Si GEMAR MENGINTERUPSI
Orang macam ni, suka menyela kapan saja dan memotong pembicaraan kita, duh duh, for me they seem and sound like annoying people yay! mereka udah ngegas dan siap motong kalimat kalimat kita yang udah kita susun dengan segala kegugupan. dan canggihnya mereka ini nggak fokus dengan materi kita tapi mereka sibuk mikir apa yang mau mereka lontarkan.
--> cara menghadapinya= Jika orang dari jenis jenis ini muncul dan menginterupsi kamu, maka kamu baiknya hentikan pembicaraan dan coba dengarkan mereka dulu. Sebab kalau kita gak ngasih mereka kesempatan mereka malah gak perhatikan apa yang kita bicarakan. kalau mereka udah selesai ngomong baru kita bilang "Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya tadi...."


Nah berhubung si kecil aku udah bangun, lanjut nanti lagi kalau pas seloo..
yuhuuuu
thank u udah baca...

2 komentar:

Refleksi Pelatihan Guru Merdeka Belajar

Refleksi Pelatihan Guru Merdeka Belajar                                                                         picture: wmnf.org ...