Selasa, 27 November 2018

Tips: Tipe Audience Saat Public Speaking dan Cara Menghadapinya #2

Selamat malam..
di malam yang dingin karena barusan hujan menyiram bumi Yogyakarta ini, ijinkan aku melanjutkan tulisan aku sebelumnya tentang tipe tipe AUDIENCE pas Public Speaking,,

Yang baca tulisan ini termasuk orang yang bagimanakah ya? yang takut public speaking atau yang jago beut?? ya siapapun kamu semoga sukses selalu dan harimu menyenangkan ya..

oke lets straight to the point..
sebelumnya, udah aku tulis 3 tipe audience yaitu Si Tidak Perhatian, Si Sibuk Sendiri, dan Si Gemar Menginterupsi,, nah yang berikutnya siapakah barisan audience yang bikin kita kita para pendatang di public speaking keder?

4. Si Penyerang
wuihh, dari namanya aja udah ngajak berantem yaa.. nah si Tipe Penyerang ini sangat menikmati ketidaksetujuan dan gemar menyalahkan orang lain. pokoknya mereka tu siap angkat senjata gitu. cari kesalahan dan cela di omongan kita dan langsung hajarr bae..

cara menghadapinya= yang paling penting adalah kalem bae, kita wajib mendengarkan apa yang audience itu lontarkan. kalau baik buat kita ya kita terima, bahkan kita terima kasih aja ke dia tu, ntar dia malah salting sendiri.. karena maybe dia pengen bikin kita jengkel or malu, tapi kitanya malah senyum dan terima kasih.. nah haha.. intinya tunjukan aja kalau kita ngehargai omongan si Penyerang ini.. cari teman lebih baik guys daripada mengobarkan pertengkaran.. right?

5. Si Penaruh Perhatian
hmm.. ini adalah pendengar yang best of the best dan tingkat tinggi dalam menghargai orang lain yang sedang bicara di depan. mereka mendengarkan sepenuh hati dan pikiran, siap mencerna apa aja yang kita omongkan. nah untuk good very very good people begini kita musti berterima kasih karena adanya mereka membuat kita pede dan terus termotivasi untuk memberikan materi yang bermutu!

6. Si Tukang Menganalisis
Orang tipe ini suka menganalisis terus menerus dan mengambil peran sebagai penasihat yang siap menawarkan bantuan tanpa kita minta. mereka ngerasa sebagai pendengar yang baik dan senang membantu. mereka siap menganalisis dan membetulkan tiap celah kesalahan kita.seneng sih tapi kadang mereka bikin kita grogi dan canggung juga ya..

cara menghadapinya= bilang saja thank u, dan saran dia akan kita terima nanti setelah kita selesai berbicara. karena kita bicara di depan umum jadi ya kita gak bisa sembarang menolak komentar orang. kita musti hargai orang lain tanpa mengurangi kharisma kita sebagai pembicara..


nah itu ya beberapa hal yang mau saya sharingkan.
the last, kemampuan public speaking itu perlu sekali, memang kita gak akan berhasil sekali dua kali, perlu kita coba terus, aku beberapa kali ngomong di depan mahasiswa/pelamar/dll, kadang masih keder juga..
but kuncinya hanya satu.. coba terusss, nanti kamu bakal temuin solusi solusi atas masalah kamu..

dan ikuti terus blog aku,, karena aku akan share hal lain lagi, yang pastinya.. insyallah bermanfaat yayy!

selamat malammm..
salam dari kota Jogja berhati mantan wkwk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Refleksi Pelatihan Guru Merdeka Belajar

Refleksi Pelatihan Guru Merdeka Belajar                                                                         picture: wmnf.org ...