Kamis, 20 Desember 2018

Tips: Agar Sukses Beradaptasi di Lingkungan Baru #1

Selamat pagi guys, tulisan ini saya tujukan bagi siapapun yang sedang ada sebuah lingkungan baru.

Berada di lingkungan baru misal tempat kerja baru, sekolah baru, komunitas baru, bagi beberapa orang bukanlah hal mudah. Bahkan bisa mendatangkan kecemasan yang berlebih. Hal itu disebabkan mereka tidak tahu caranya agar secara segera dan wajar bisa diterima lingkungan baru tersebut.

PENTING atau tidak sih bagi kita untuk menjadi bagian yang diterima dalam sebuah lingkungan? Penting sekali. Kita tidak hidup sendiri, kita butuh orang lain untuk berbagi pengalaman, perasaan, untuk saling bantu. Jika kita hidup sendiri dalam dunia sendiri, maka kita akan sering merasa kesepian dan merasa tertolak oleh lingkungan. Ya tapi kalau memang kamu nyaman dengan hidup sendirian ya tidak masalah. Memang kok karakter orang itu beda-beda. Dan gak ada yang salah dan yang benar secara mutlak. Hanya saja tepat atau tidak.. :)

TAPI bagi kamu yang ingin memperbaiki cara kamu bersosialisasi dalam dunia baru, yang ingin segera bergabung lebih dalam pada suatu komunitas, ya aku sarankan baca tulisan ini. Tentunta tulisan ini berdasarkan pada pengalaman sendiri dan pengamatanku atas orang-orang di sekitar.

HAL apa saja sih yang baiknya kita lakukan saat menjadi newbie dalam suatu komunitas? Yuk kita simak

1. PERCAYA DIRI
Memiliki rasa percaya diri adalah keharusan bagi kita. Siapapun kita, di manapun kita berada, jika kita memiliki rasa percaya diri maka kita akan lebih ringan dan mudah dalam beraktivitas dan memicu kita untuk menghasilkan beragam prestasi sesuai bakat dan minat kita. Percaya diri itu apa sih? simple aja kalau menurutku, percaya diri itu pointnya gini
a. Kamu harus yakin bahwa kamu pantas berada di tempat kamu sekarang apapun jabatan kamu
b. Kamu harus yakin bahwa kamu akan bisa melaksanakan berbagai tugas yang akan kamu emban nantinya.
c. Kamu yakin bahwa kamu sama pantasnya dan mampunya dengan orang lain dalam komunitas kamu.
d. Kamu sebagai human punya keunikan dan kelebihan sendiri.
Gak usah grogi, pada hari pertama kamu masuk kerja/kuliah atau mengawali hari baru dalam suatu komunitas yang penting untuk membangun self confidence kamu silahkan pakai baju yang rapi dan bersih yang paling kamu sukai, tampil cantik dan tampan sesuai karakter kamu (no over make up, coz itu akan membuat kamu terlihat artifisial alias gak alami), niatkan dalam hatimu selain untuk kerja/kuliah/lainnya kamu juga ingin menambah teman baru, dan berdoa dalam hati, harimu pasti lancarr guys!! :)

2. RAMAH dan SUPEL
Ramah itu artinya di sini adalah kamu murah senyum, mampu berkontak mata, atau kalau perlu berjabat tangan dengan orang lain. Kamu yang mengawali, jangan tunggu orang lain ya... Ini sekaligus mengetes self confidence kamu. Yup yup, ayo kamu pasti bisa kenalan duluan, ucapkan salam dan sebutkan nama kamu dan bilang kalau kamu anak baru.. itu sangat gak masalah dan gak perlu malu...

Supel maksudku di sini adalah kamu jangan segan segan untuk ngobrol dengan teman-teman baru kamu, mengiyakan ajakan mereka misal ke kanti dll, menceritakan ttg diri kamu senyaman kamu dan kamu juga bisa tanya tanya tentang mereka tapi sedikit sedikit dulu. Hindari kepo berlebih dan menggurui ya.. Bahan obrolan yang tepat itu menurutku adalah tentang kultur di tempat kamu kerja. Obrolan ttg hal pribadi kalau belum terlalu kenal akan membuat kedua belah pihak tidak nyaman.

Yup kamu pasti bisa, keep smile dan keep friendly, kalau ada yang kesulitan dan sekiranya kamu bisa bantu tawarkan saja bantuan.. :)

3. SORRY and THANK YOU
Nah ini adalah dua kata yang ajaib.
Saat kamu salah tidak usah sungkan untuk mengakui kesalahan kamu. Ya ngga harus bilang kamu salah juga dan nangis-nangis. Ucapkan saja maaf. Menurutku kata maaf perlu diucapkan saat moment moment ini
- kamu melakukan kesalahan yang memang merugikan org lain
- kamu mengerjakan sesuatu tapi target tidak sempurna seperti harapan orang lain
- saat orang lain butuh bantuan tapi kamu tidak bisa bantu krn memang tidak kompeten
- saat kamu terlambat datang.
- dan lainnya..
Minta maaf gak akan membuat kamu terlihat menyedihkan kok. Asal jangan terlalu banyak minta maaf, karena akan membuat kamu kelihatan rendah diri. Ucapkan maaf dengan tegas dan ceria dan kalau memang diperlukan nih sampaikan bahwa ke depan kamu akan berusaha lebih baik. Minta maaf akan membuat kita lebih rendah hati dan akan membuat kita dipandang tidak sombong dan ucapan maaf adalah suatu bentuk respect kita ke orang lain juga.

Nah untuk THANK YOU, ini lebih mudah. Berterima kasih bukanlah hanya sekedar ucapan. Saat kamu mengucapkan terima kasih sesungguhnya bukan hati kamu saja yang bahagia karena merasa terbantu oleh orang lain, tetapi orang yang membantu kita juga akan merasa bahagia sebab dia merasa lebih berharga karena bisa membantu kamu. Jadi secara tidak langsung kamu juga membuat orang lain makin percaya diri. Kita sebagai objek yang dibantu juga gak usah merasa rendah diri dan merasa gak mampu, wajar kok menerima bantuan itu. kita tidak sempurna dalam semua hal, untuk hal- hal yang kita gak bisa adalah sebuah kewajaran untuk kita minta tolong. Saya pikir itu adalah makna dari hubungan antar manusia yaa... So be easy and relax to say sorry or thanks..

4. MENAWARKAN BANTUAN
Walau pun kamu orang baru, kamu juga gak usah segan untuk menawarkan bantuan ke orang lain yang sekiranya membutuhkan dan sedang dalam kesulitan. Dengan menawarkan bantuan kamu akan terlihat sebagai orang yang care alias peduli dengan orang lain. Yang pasti, niati bantu orang lain dengan tulus tanpa pamrih. Kalau pun punya pamrih ya maksimal adalah agar dia mau berteman dengan kamu.
Kapan saja sih kamu bisa menawarkan bantuan?
a. Saat jelas-jelas ada kesulitan yang besar yang dihadapi teman kamu (seperti printer rusak, buku buku berjatuhan, ruangan kotor dll, gitu lah kamu pasti paham). Untuk hal tertentu kamu bisa langsng bantu gak usah nanya nanya, misal bukunya jatuh, botol minumnya gelinding di dekat kaki kamu, langsung eksekusi saja. ya kan? masa pakai nanya wwkwk
b. Saat dia terlihat raut mukanya cemas dan sedih dan panik.
c. Saat dia mengeluh bicara sendiri.
d. Saat kerjaan kamu dah selesai dan kamu gak tau mesti ngapain
Membantu orang lain akan membuat kamu memiliki perasaan yang lebih positif dan berharga dan juga membantu orang lain. enak kan? hihi

Nah agaknya segini dulu ya,, part berikutnya akan saya sambung,,jangan sampai ketinggalan dan semoga bermanfaat... :) Lets be an inclusive society by respect others..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Refleksi Pelatihan Guru Merdeka Belajar

Refleksi Pelatihan Guru Merdeka Belajar                                                                         picture: wmnf.org ...